Jualan Online

Tutorial Seputar Sosial Media Ini, Bikin Rekening Anda Gendut

Media sosial memiliki peranan sangat penting dan tinggi dalam kehidupan masyarakat Millenial. Mereka tidak bisa terlepas dari berbagai media sosial yang ada seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Telegram, Line, dan Linkedin. Biasanya, mereka memiliki lebih dari satu media sosial. Sebab mereka ingin banyak berinteraksi dengan menggunakan media sosial yang beragam. Dengan begitu, mereka membutuhkan tutorial seputar sosial media agar efektif.

Anda juga termasuk pengguna berbagai media sosial tersebut, bukan? Media sosial itu, ada yang digunakan secara personal yaitu untuk mengabadikan kegiatan sehari-hari atau saat liburan. Namun banyak juga yang menggunakannya sebagai sarana bisnis. Hal itu, karena media sosial sebagai tempat berkumpulnya jutaan orang.

Sosial Media Penghasil Uang

Sosial Media Penghasil Uang

Tidak heran jika para pebisnis online banyak yang menggunakan berbagai media sosial ini. Sebab mereka bisa menemukan banyak target market sesuai dengan kriteria bisnisnya masing-masing.

Untuk mendatangkan banyak target market maka Anda harus berlomba-lomba membuat media sosial semenarik mungkin. Anda bertugas membuat postingan berupa gambar, video, atau tulisan. Jika postingannya berbobot maka akan menjadi viral dan banyak dikenal terutama oleh warga net. Hal itu akan membuat bisnis melejit baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu segan-segan mencari tutorial seputar sosial media. Hal ini karena banyak sekali manfaatnya untuk mengoptimalkan bisnis Anda. Tutorial itu pun ada yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma, tetapi ada pula yang harus berbayar. Biasanya yang berbayar akan memberikan ilmu yang mendalam seputar bisnis di media sosial. Dan jika Anda praktikkan dengan sebaik-baiknya maka akan mendatangkan banyak penjualan.

Berikut ini adalah cara memaksimalkan media sosial Anda agar banyak menarik perhatian warga net:

media sosial

1. Membuat konten media sosial yang bisa menjangkau banyak orang

Sebelum membuat akun di media sosial, maka Anda harus mempertimbangkan media mana yang akan dipilih. Anda tentu harus mencari media sosial yang bisa menjangkau banyak orang seperti Instagram, Facebook, dan yang lainnya. Hal ini agar akun tersebut bisa meraih angka pertemanan yang tinggi. Dengan begitu, bagi para pebisnis bisa mendatangkan banyak target market, bukan?

Tutorial Seputar Sosial Media1

2. Topik dari suatu konten dibahas secara lengkap

Jika Anda membuat postingan tentang suatu topik maka bahaslah secara lengkap. Selain itu, topiknya juga harus memberi manfaat pada orang banyak. Dengan demikian para pembaca akan merasa puas dan dengan sendirinya akan men-share kontennya. Misalnya konten tentang menangani masalah kecanduan gadget pada anak. Sebab sekarang ini banyak orang tua yang membutuhkan ilmu tersebut karena banyak anak yang kecanduan barang itu.

Tutorial Seputar Sosial Media2

3. Membuat konten yang inovatif

Agar konten inovatif maka Anda harus banyak belajar tentang tutorial seputar sosial media. Sebab dalam tutorial tersebut biasanya diajarkan bagaimana membuat konten menarik dan inovatif.

Dengan demikian, Anda tidak akan asal-asalan dalam membuat suatu postingan baik berupa tulisan, video, atau gambar. Buatlah konten yang kekinian, tidak kadaluarsa, konsepnya baru, dan dengan sudut pandang berbeda. Selain itu, buatlah konten yang bikin penasaran netizen.

Fokus pada target market

4. Fokus pada target market

Selain membuat konten yang menarik, Anda juga harus memperhatikan postingan yang dibutuhkan oleh target market. Sebab mereka akan cenderung melihat atau membaca postingan yang mereka perlukan.

Misalnya jika pangsa pasarnya muslimah muda maka buatlah video tutorial menggunakan hijab yang syari dan kekinian. Buatlah artikel bagaimana merawat gamis dan hijabnya. Buatlah quote islami yang menyasar kaum muda, dan lain-lain.

Tutorial Seputar Sosial Media3

5. Mendaftar postingan yang menarik

Selanjutnya, buatlah daftar postingan yang menarik. Apakah Anda membuat daftar unggahan tersebut secara mingguan atau bulanan. Hal ini untuk memudahkan Anda ketika akan memposting setiap hari. Bagi para pengusaha atau pebisnis, jangan hanya mengunggah foto, video, atau tulisan produk saja karena akan membosankan followers.

Selingi unggahan Anda dengan quote, tips, atau video tutorial yang mereka butuhkan. Dengan begitu, mereka akan menunggu postingan terbaru Anda. Inilah perlunya Anda banyak mempelajari tutorial seputar sosial media.

Website yang dibuat ramah media sosial

6. Website yang dibuat ramah media sosial

Jika Anda membuat website maka harus ramah media sosial. Artinya konten yang Anda unggah di website bisa di-share pada semua jenis media sosial seperti Instagram, Facebook, dan yang lainnya.

Dengan kata lain, Anda harus membuat tombol berbagi yang bisa digunakan oleh pengunjung web untuk men-share kontennya.

7. Format postingan bagus dan keren

Selanjutnya, konten media sosial yang Anda buat bisa viral dengan penampilan menarik dan format postingan yang bagus. Semakin bagus format postingannya, semakin senang pembaca untuk menekan tombol share. Anda harus membuat postingan dengan kalimat persuasif, isinya informatif, dan visualisasinya bagus serta keren.

Berikut ini adalah jenis profesi di sosial media yang bisa Anda gunakan agar rekening semakin gendut. Misalnya Youtuber, Instagram Olshop, Blogger, Freelancer/jasa pembuat artikel, Influencer, menjual E-book, Facebook Ads, Survey berbayar, Survey Online, dan Podcast. Oleh karena itu, Anda harus banyak mempelajari tutorial seputar sosial media.

Bagaimana cara memperlakukan sosial media Anda agar menyenangkan konsumen atau pengikut? Berikut ini adalah caranya:

  • Jawablah semua pertanyaan terutama dari calon customer yang potensial.
  • Minta maaflah jika ada customer yang mengalami masalah pada situs web Anda.
  • Seandainya ada customer atau calon customer yang memiliki keluhan maka Anda tidak boleh segan-segan untuk segera meminta maaf. Jangan biarkan masalah berlarut dan segera cari solusinya agar mereka merasa nyaman kembali mengunjungi akun Anda.

Intinya, Anda harus menjaga attitude sekecil apapun di dunia media sosial. Walaupun Anda tidak bertemu dengan mereka secara langsung. Namun attitude Anda baik atau buruknya sebesar apapun akan dirasakan oleh mereka.

Tutorial Seputar Sosial Media

Selanjutnya, bagaimana agar akun Anda bisa dijadikan sebagai sarana pemasaran yang baik? Hal utama tentu Anda harus banyak belajar tutorial seputar sosial media. Anda harus melakukan beberapa hal ini:

  • Perencanaan yang baik sangat penting dalam pemasaran di media sosial. Untuk itu, Anda harus melakukan survei kata kunci dari suatu konten agar bisa menarik banyak target market.
  • Konten penentu yaitu postingan yang Anda unggah informatif. Penyajiannya kontennya juga bergantian agar tidak membosankan pengikut.
  • Konsisten pada brand yaitu Anda mempertahankan brand image. Dengan begitu, followers akan semakin aware dan care terhadap brand
  • Tuliskan link adalah untuk mendukung postingan Anda dengan menuliskan konten luar yang bisa memperkuat unggahan Anda tersebut.
  • Mengukur keberhasilan dengan analytic adalah menggunakan Google analytic. Alat ini bisa membantu Anda memperlihatkan tag pelacak strategi pemasaran, sehingga dapat memantau keberhasilan pemasaran melalui sosial media tersebut.

Hal-hal di atas adalah masalah penting agar akun sosial media Anda banyak menyedot perhatian netizen. Dengan begitu, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan sosial media untuk membatu bisnis semakin melejit dan mendapatkan banyak profit. Oleh karena itu, Anda tidak boleh mengabaikan belajar tutorial seputar sosial media.

Itulah sedikit hal tentang “Tutorial Seputar Sosial Media Ini, Bikin Rekening Anda Gendut”. Semoga bermanfaat. CIA!

User Rating: 4.88 ( 3 votes)

Tags

Zamhari

Zamhari, S.Kom. I Saat ini, penulis sering didaulat menjadi pembicara berbagai instansi, sekolah dan kampus di beberapa bidang seperti jurnalistik online, pengelolaan website, pendidikan dan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close