Jualan Online

8 Tips Memilih Internet Untuk Berbisnis Online

Bisnis online saat ini kian marak. Hampir semua produk dan jasa ditawarkan secara online. Di era digital ini semua menjadi sangat mudah apalagi ditunjang jaringan internet yang memadai. Bagi pebisnis online maka jaringan internet memegang peranan sangat penting karena semuanya dilakukan secara online. Dari penawaran sampai komunikasi, pembayaran dan pengiriman menggunakan jaringan internet.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memberikan peluang bagi pebisnis online. Pada awalnya hanya beberapa orang yang berbisnis online. Namun sekarang hampir sebagian besar pebisnis menggunakan bisnis online sebagai salah satu cara mendukung bisnisnya secara offline. Bisnis online sangat menguntungkan karena bisa tidak membutuhkan tempat dan toko dilakukan secara online.

Tips Memilih Internet

Tips Memilih Internet

Melalui bisnis yang dijalankan secara online dapat membantu banyak orang untuk memperoleh pendapatan. Sekarang ini ilmu tentang bisnis online bertebaran dari yang gratis sampai berbayar. Bahkan untuk menunjang bisnis online yang besar ada tim khusus yang menangani ilmu online ini. Ilmu tentang bisnis online tidak hanya marketing online saja tetapi pengoptimalan pendukung bisnis seperti website juga sangat dibutuhkan.

Bisnis online banyak dipilih karena dapat dilakukan sangat mudah tanpa terhalang jarak dan waktu. Bahkan jika hanya bermodal kuota saja sudah dapat melakukan bisnis online. Kemudahan inilah yang kemudian menjadikan bisnis online semakin marak. Namun saat berbisnis online sangat penting memilih jaringan internet yang kuat. Sangat disayangkan apabila saat melakukan penawaran melalui online kemudian jaringan internet tidak terkoneksi dengan baik maka kemungkinan penawaran menjadi tidak berhasil.

Saat ini provider yang menyediakan jaringan internet semakin banyak. Penawaran keuntungan dan kelebihan masing-masing provider bersaing dengan provider lainnya. Tetapi sebagai pebisnis online harus teliti dan cerdas dalam memilih jaringan yang tepat. Berikut ini cara memilih internet yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Tips Memilih Internet Untuk Berbisnis Online1

1. Provider yang Berpengalaman

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa provider yang berpengalaman akan selalu menjaga kualitasnya. Kualitas provider ini sangat penting karena berkaitan dengan kelancaran bisnis. Misalnya saja jika terjadi masalah pada jaringan internet maka provider yang sudah berpengalaman akan segera mengatasi masalah tersebut. Karena bagi pebisnis online jaringan merupakan hal yang paling utama untuk kelancaran bisnisnya.

Menggunakan suatu jaringan internet tidak lepas dari masalah seperti gangguan jaringan. Tetapi masalah jaringan ini dapat diatasi dengan baik jika provider telah berpengalaman. Bisnis dapat menjadi lancar jika masalah jaringan terjadi secara minimal atau malah tidak ada. Oleh karena itu penting bagi pebisnis untuk memilih provider yang tepat.

2. Fasilitas

Masing-masing provider memberikan fasilitas yang berbeda dan ini menjadi keunggulan dan ciri khasnya. Untuk memilih provider internet yang tepat maka sebaiknya mengetahui secara detail keunggulan dari fasilitas provider tersebut. Pilihlah fasilitas yang dapat menunjang bisnis paling banyak.

Dengan adanya fasilitas tersebut maka dapat sekaligus menghemat biaya. Ini akan sangat menunjang penghematan pengeluaran. Bagi pebisnis online yang masih pemula masih harus cermat menghitung pengeluaran yang terjadi untuk menunjang bisnisnya. Oleh karena itu fasilitas provider dapat menjadi pertimbangan.

3. Layanan Penuh 24 Jam

Ada kalanya pebisnis membutuhkan jaringan internet seharian penuh atau dapat dikatakan selama 24 jam. Tetapi jika terjadi masalah pada jam tertentu maka dapat menjadi penghalang bagi kelancaran bisnisnya. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih provider yang memberikan layanan konsumen selama 24 jam. Jadi jika terjadi masalah sewaktu-waktu dapat segera diatasi.

Dalam memberikan layanan yang baik ini juga berkaitan dengan keramahan customer service. Terutama saat terjadi gangguan maka customer service dengan keramahannya melayani keluhan konsumen dengan baik. Layanan ini akan memberikan kenyamanan bagi konsumen.

4. Memperhatikan Lokasi

Tidak semua provider memiliki jaringan yang lancar di setiap lokasi. Setiap lokasi mempunyai kekuatan sinyal yang berbeda. Untuk mengetahui kekuatan sinyal setiap provider dan menentukan yang tepat maka dapat dilakukan survei terlebih dahulu. Misalnya dengan bertanya pada beberapa orang yang ada di sekitar lokasi tentang kekuatan sinyal internet dari provider berbeda. Dari jawaban ini akan dapat diketahui provider mana yang memiliki sinyal paling kuat.

5. Memahami Kebutuhan

Kebutuhan setiap pebisnis dalam penggunaan internet berbeda-beda. Ada yang membutuhkan hanya untuk memposting penawaran dan berkomunikasi saja. Ada pula yang membutuhkan untuk download untuk menunjang kebutuhan bisnisnya. Jika membutuhkan banyak kuota maka dapat memilih paket internet yang murah atau dapat pula memilih kuota unlimited.

Bagi pebisnis jasa yang menggunakan suatu aplikasi untuk membuat produknya biasanya membutuhkan kuota internet lebih banyak. Pengiriman penawaran melalui email juga membutuhkan kuota yang lumayan. Ada pebisnis online yang membutuhkan pengunduhan dalam jumlah banyak dan artinya memerlukan kuota cukup banyak pula. Pemilihan provider yang tepat dipengaruhi juga adanya paket internet tertentu sesuai dengan kebutuhan.

6. Mengetahui Harga

Harga paket internet berbeda-beda. Begitu pula setiap provider memiliki pilihan harga yang tidak sama. Sebelum menentukan provider dan paket internet maka akan lebih baik jika mengetahui harganya. Ini sangat penting dalam suatu pembukuan bisnis. Pengeluaran untuk kebutuhan internet harus tercatat dengan baik. Jangan sampai pengeluaran terbanyak ada di dalam pembelian kuota internet dan mengurangi biaya lainnya.

Jangan sampai pemilihan provider dan paket internet berpengaruh terhadap pekerjaan. Ada paket internet yang harganya murah tetapi memberikan kuota yang besar atau malah unlimited dan jaringannya lelet. Tetapi ada pula paket internet yang harganya mahal namun jaringannya sangat kuat dan cepat. Ini semua dapat menjadi pertimbangan pada saat memilih provider dan paket internet.

7. Memilih Modem

Jika memakai laptop untuk berbisnis online maka biasanya memakai modem. Atau dapat pula memakai berbagai jaringan dengan internet di telepon seluler. Modem yang dipilih harus memiliki kualitas baik. karena akan sangat berpengaruh dengan kualitas jaringan dan juga keawetan barang. Kerusakan modem yang tidak berkualitas mengharuskan untuk mengeluarkan biaya lagi dan artinya menjadi boros.

8. Berijin Resmi

Provider yang mempunyai ijin resmi berarti merupakan produk legal. Artinya dapat memberikan jaminan penuh terhadap segala sesuatu tentang jaringan internet. Pengguna akan menjadi lebih mantap dengan provider yang telah berijin resmi. Ijin tersebut diberikan oleh pemerintah untuk memastikan jaminan keamanannya. Ijin resmi diberikan oleh Ditjen Postel Depkominfo RI seperti ijin laik operasi, ijin penyelenggaraan dan ijin prinsip.

Umumnya provider yang berijin resmi dapat memberikan layanan dengan baik. Tidak hanya memberikan kecepatan jaringan saja tetapi layanan lainnya seperti saat mengatasi jika ada gangguan. Provider internet yang resmi memberikan jaminan kelancaran jaringan dan kecepatan jaringan.

Jaringan internet sangat penting untuk mendukung kelancaran bisnis online. Kekuatan sinyal jaringan dan kelancaran jaringan menjadi hal yang paling utama dalam berbisnis online. Pebisnis online harus jeli dan cermat untuk memilih provider yang paling tepat menunjang kebutuhan maupun kelancaran bisnisnya.

User Rating: 5 ( 3 votes)

Tags

Zamhari

Zamhari, S.Kom. I Saat ini, penulis sering didaulat menjadi pembicara berbagai instansi, sekolah dan kampus di beberapa bidang seperti jurnalistik online, pengelolaan website, pendidikan dan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close