Catatan si Amin

Cara Cek Status Registrasi dan UnReg Nomor Hp yang telah Anda Daftarkan

Setelah pemerintah bersama dengan operator telekomunikasi melakukan pemblokiran kartu prabayar pada 1 Mei 2018, terjadi berbagai kendala di masyarakat.

Ada yang menggunakan NIK dan Nomor KK orang lain untuk mendaftarkan nomor hp yang bukan miliknya.

Lalu ada pembatasan terhadap pelanggan yang memiliki nomor Hp. Pelanggan hanya dibolehkan untuk mendaftarkan 3 nomor hp dari operator seluler dengan satu NIK dan KK. Jika ingin mendaftarkan lebih dari 3 nomor, pelanggan harus mendatangi gerai operator seluler tersebut.

Dari kendala di atas, masing-masing operator yang ada di Indonesia telah membuat fitur UnReg yang akan digunakan untuk membatalkan Nomor Hp yang telah Anda registrasi. Dengan begitu, Anda yang telah melakukan registrasi 3 nomor Hp, bisa menambah nomor baru setelah melakukan UnReg.

Berikut ini adalah cara untuk cek status registrasi dan UnReg Nomor Hp untuk mengatasi masalah di atas yang telah dibuat oleh Operator telekomunikasi XL/AXIS, Tri, Telkomsel, Indosat, dan Smartfren.

 

Cara Cek Status Registrasi dan UnReg Nomor Hp

 

Operator Seluler Tri

Bagi Anda pengguna Nomor Tri, Anda bisa melakukan proses cek data registrasi dan melakukan UnReg dengan langkah-langkah berikut:

Silahkan kunjungi situs web 3 berikut ini: https://registrasi.tri.co.id.

 

  1. Pilih menu “Registrasi Kartu Prabayar” untuk melakukan cek data registrasi nomor Hp Anda. Lanjutkan dengan mengisi data yang diminta.
  2. Pilih menu “UnReg” untuk melakukan pembatalan registrasi nomor Hp Anda. Lanjutkan dengan mengisi data yang diminta.

Anda juga bisa melakukannya melalui Hp dengan mengirim SMS “status” (tanpa tanda kutip) ke nomor 4444.

Nomor Telkomsel

Jika Anda pengguna Telkomsel, silahkan buka situs web ini: https://telkomsel.com/cek-prepaid untuk melakukan cek data registrasi.

Untuk melakukan UnReg nomor handphone Telkomsel yang telah terregristari, silahkkan Ketikkan kode USSD *444#, lalu tekan “dial” dan pilih opsi “UnReg”.

Nomor XL Axis-Axiata

Untuk Anda pengguna XL Axiata/ Axis, tampaknya belum ada layanan berupa situs web untuk melakukan pengecekan dan UnReg.

Anda bisa melakukan cek status nomor hp yang telah terregistrasi dengan: Ketikkan kode USSD *123*4444# di aplikasi telepon, lalu tekan “dial”.

Untuk melakukan UnReg, Anda bisa mengirim SMS dengan format: UNREG# No_hp (UNREG# langsung diikuti nomor ponsel), atau bisa juga dengan mengetik kode USSD *123*4444# di aplikasi telepon dan tekan “dial”.

Nomor Indosat Ooredoo

Bagi Anda pengguna Nomor Hp Indosat Ooredoo, Anda bisa mengirim SMS untuk melakukan cek status nomor hp yang telah terregistrasi dengan format INFO#No_NIK (INFO# langsung diikuti nomor NIK) atau INFO#MSISDN ke 4444.

Untuk melakukan UnReg anda bisa mengirim SMS dengan format UNPAIR#No_hp# ke 4444.

Nomor Smartfren

Jika anda pengguna Smartfren, Anda bisa mengunjugi situs web ini: https://my.smartfren.com/check_nik.php untuk melakukan cek data nomor hp yang telah terregistrasi.

Dan jika anda ingin melakukan UnReg Nomor Hp Smartfren yang telah terregistrasi, Anda bisa membuka situs web berikut ini: http://my.smartfren.com/mysmartfren/prepaid_unreg.php.

Penutup

Jika Anda tidak ingin melakukan cara di atas untuk memeriksa status pendaftaran dan melakukan pembatalan registrasi (UnReg), Anda bisa datang langsung ke gerai operator seluler tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda!

Tags

si-amin

Seringkali kita mengira berbagi hanya membahagiakan orang lain. Nyatanya, kebahagiaan yang dirasakan orang tersebut menular pada si pemberi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close