WordPress

10 Cara Optimal Mempercepat Loading Website WordPress

Halo sahabat CIA, kali ini CIA akan membahas tentang cara mempercepat loading website pada wordpress. Nah ini pengalaman CIA pribadi tentang cara mempercepat loading website mungkin bisa temen-temen terapkan pada website yang temen-temen kelola saat ini.

Website yang mempunyai kecepatan lambat mungkin kita akan merasa jengkel karena terlalu lambatnya kecepatan website, padahal koneksi internet yang kita gunakan sudah cepat namun website kita terasa lambat seperti siput. Nah ini ada beberapa trik dan tips dari CIA untuk mempercepat loading website temen-temen.

  1. Gunakan Theme yang sederhana
    Jika kita menggunakan tema yang mempunyai banyak fitur akan sangat mempengaruhi sekali dengan kecepatan website, karena banyak sekali yang di load. Misal website kita hanya company profile sebisa mungkin kita menggunakan tema yang sederhana dan elegan, fitur yang gak berguna sebaiknya dihilangkan saja.
  1. Gunakan plugin Cahce
    Plugin cahce ini sangat membantu dalam mempercepat loading website karena chace website akan diminimalkan seperti file css dan js nya terminify maka menyebabkan website akan terasa ringan. Namun disini sebaiknya gunakan salah satu atau 2 saja karena biasanya akan terjadi bentrok antar plugin chace dan dampaknya dampat membuat down website. Salah satu contoh plugin yang terkenal dapat mempercepat loading adalah WP-rocket. Plugin ini bersifat pro jadi temen-temen harus beli terlebih dahulu. Namun ada juga plugin yang gratis contoh wp fast cahe, autooptimize, dll. Inget pesen CIA gunakan 1 saja.
  1. Minimalkan Plugin
    Kenapa kita perlu meminimalkan plugin, karena jika kebanyakan plugin dan tidak kita gunakan hanya untuk pajangan saja dan tidak menjadi prioritas itu akan percuma dan akan memberatkan website.
  1. Minimalkan database
    Jika terlalu banyak data di database juga bisa membuat loading website kita menjadi sangat lambat, karena terlalu banyak beban data yang harus di-load, karena wordpress itu meload semua dalam satu waktu. Semakin minimal database semakin bagus.
  1. Pilih Penyedia Hosting Bagus
    Ini penting, jika salah pilih penyedia hosting maka akan mempengaruhi loading website kita. Sebelum website kita di hosting dan diberi domain, cek dulu penyedia hosting yang bagus yang mana karena sangat mempengaruhi sekali dengan kecepatan website kita nantinya. Rekomendasi CIA sebaiknya di sini, karena harganya lumayan murah, cepat, proses nggak ribet dan telah CIA buktikan sendiri.
  1. Gunakan VPS
    Mengapa harus VPS? Karena dengan menggunakan VPS temen-temen bisa akses penuh menggunakan server, karena dengan VPS otomatis server itu temen-temen yang nyeting sendiri dan digunakan untuk sendiri, jadi kecepatan website dapat dimaksimalkan semaksimal mungkin. Rekomendasi CIA untuk VPS sebaiknya di sini, karena murah, cepat, setup mudah dan telah CIA buktikan sendiri.
  1. Gunakan Cloudfare (CDN)
    Nah ini bagian dari VPS, mengapa menggunakan CDN ? karena semua image yang ada di website kita akan sangat mempengaruhi loading website kita, maka kita perlu memindahkan image tadi ke Cloudfare agar dapat mengaksesnya lebih ringan dan web terasa enteng.
  1. Merubah format gambar menjadi .Webp
    Nah google mempunyai fitur baru agar semua gambar dapat diload dengan cepat maka google menyarankan agar format gambar di website kita di convert menjadi .Webp. dan bisa membuat kecepatan website bertambah.
  1. Menggunakan AMP
    Nah ini adalah fitur baru ketika website diakses melalui mobile, fitur ini dapat membuat ruang website, karena yang diload oleh fitur ini adalah text terlebih dahulu, sangat ringan sekali, dan sekarang ini sudah banyak digunakan, salah satunya dalam portal berita.
  1. PWA (Progresif Web Apps)
    Fitur ini sebenarnya hampir sama dengan AMP, namun fitur ini mempunyai kelebihan dia dapat menginstall otomatis dan menggenerate apk website kita. Nah kita bisa menggunakan apk ini di hp ketika keadaan internet mati kita masih bisa membaca konten kita karena PWA menyimpan chache. Sekarang ini untuk pengembang Website disarankan menggunakan ini karena sangat membatu ketika kita sedang meload sebuah website. Akan kerasa sekali kecepatan menggunakan PWA ini. Kerja PWA sebenernya yang diload pertama kali adalah text terlebih dahulu setelah itu baru gambar, sejenis lazzy load.

Nah itu dia sahabat CIA, 10 Cara Optimal Mempercepat Loading Website WordPress yang pernah CIA lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat ya sahabat CIA.

Mengenal WordPress dan Langkah-Langkah Membuat Website dengan WordPress bagi Pemula Bagian 1

Tags

Ikhsan Marda Saputra

Hanya seorang tukang ketik yang mempunyai keinginan berbagi ilmu kepada siapa saja, agar dapat bermanfaat bagi semua orang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close