SEO

Cara SEO WordPress untuk Mengoptimasi Halaman dan Konten Website di Mesin Pencari

Hai Sobat CIA! kali ini kita akan belajar Cara SEO WordPress. Mengoptimasi SEO WordPress memiliki peran yang sangat penting terhadap indeks pencarian sebuah website di mesin pencari. Halaman website sobat bisa muncul di halaman satu google dengan melakukan optimasi SEO. Dengan begitu semakin banyak yang bisa menemukan website sobat CIA.

SEO bisa dibilang salah satu teknik pemasaran yang tidak memerlukan biaya yang besar. Alasannya, sobat CIA tidak perlu mengeluarkan uang untuk promosi ataupun membayar tenaga marketing. Jika website sobat CIA berhasil berada di halaman satu google maka akan bertahan cukup lama.

Pentingnya SEO WordPress untuk Kemajuan Bisnis

Pentingnya SEO WordPress untuk Kemajuan Bisnis

Seo ini sangat penting, sanking pentingnya banyak yang berusaha mempelajarinya dengan mengikuti pelatihan yang biayanya cukup besar. Mau tahu seberapa penting SEO untuk kemajuan bisnis sobat CIA? Berikut diantaranya:

1. Website Sobat CIA Bisa Muncul dengan Berbagai Jenis Kata Kunci

Persaingan kata kunci yang dibidik untuk muncul di halaman satu google sangat berat. Namun bukan suatu hal yang mustahil lagi jika sobat CIA menggunakan teknik SEO yang benar. Jika kualitas SEO bagus, website tetap muncul walaupun pencarian dengan beragam kata kunci (relevan dengan topik website).

2. Membangun Brand Awareness dan Kredibilitas

Salah satu tujuan utama dari SEO ini adalah untuk membangun brand. Jika website sobat CIA berada pada halaman satu google, secara otomatis website semakin dikenal banyak orang. Bisnis juga akan semakin terpercaya karena klien tahu bahwa sobat CIA memiliki situs website yang berkualitas.

3. Trafik dari SEO Lebih Mudah Dikonversi

SEO ini sangat penting bagi bisnis dan sepertinya sudah menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Alasannya trafik yang didatangkan dari SEO lebih mudah untuk dikonversi menjadi pelanggan. Berdasarkan SimilarWeb perbandingannya 10 kali lebih mudah dibanding trafik yang datang dari sosial media.

4. Mudah Ditemukan Konsumen dengan SEO

Sebesar 88 persen seorang konsumen sebelum melakukan pembelian melakukan riset online terlebih dahulu. Nah agar website mudah ditemukan maka SEO anda harus berkualitas. Dengan SEO yang berkualitas maka akan sangat mudah bagi konsumen menemukan website anda.

Mungkin sebagian orang merasa kesulitan untuk masuk halaman satu google. Pada kenyataannya tidak terlalu sulit yang terpenting paham langkahnya dan melakukannya secara konsisten.

Cara SEO WordPress untuk Mengoptimasi Halaman

Cara Optimasi SEO WordPress Agar Masuk Halaman Satu Google

Jika anda konsisten melakukan teknik/ cara SEO WordPress ini maka sangat mudah website anda masuk halaman satu google. Caranya pun sangat mudah untuk dilakukan, apalagi bagi anda yang masih pemula. Sudah tidak sabar? Yuk langsung saja ikuti langka-langkah Optimasi SEO Worpress di bawah ini:

1. Gunakan Theme SEO Friendly

Bagi pemula biasanya orang lebih fokus untuk memperhatikan penampilan agar lebih menarik dan keren. Sehingga mereka memilih theme yang bagus dari segi tampilannya. Sebenarnya hal tersebut penting juga dilakukan tapi yang lebih penting yaitu apakah theme tersebut disukai google atau tidak.

Agar website anda mudah ditemukan maka gunakan theme yang SEO Friendly. Anda tidak perlu mengerti soal pemrograman karena sekarang sudah banyak theme terkenal yang sudah SEO Friendly. Misalnya saja seperti theme dari brand ternama:

  • StudioPress
  • MyThemeShop
  • GeneratePress

2. Perhatikan Kecepatan Website

Jika website lemot maka akan berpengaruh pada pencarian google. Selain itu bagi konsumen yang ingin membuka website anda merasa jenuh dan bosan jadi tidak betah berlama-lama di website anda. Untuk website anda tidak lemot maka perhatikan hal berikut:

a. Jangan Asal Install Theme/Plugin

WordPress menyediakan banyak plugin yang sangat membantu mengoptimalkan website anda. Namun jangan asal install saja plugin yang ada dalam wordpress meski anda membutuhkannya. Pastikan dulu tidak ada script khusus yang bisa membebani server dan membuat website anda menjadi lemot.

b. Install Plugin WP Super Cache

Plugin ini sangat penting anda install karena manfaatnya yang sangat besar. Dengan WP Super Cache mampu membuat website anda yang tadinya dinamis menjadi statis. Itu artinya kinerja dari website anda akan jadi lebih ringan dan mudah diakses oleh google atau browser. Dengan begitu kinerja server juga akan tambah ringan.

c. Install Plugin Photon dari Jetpack

Dengan plugin ini website anda akan menjadi semakin powerfull. Photon dari Jetpack sangat berguna untuk membuatkan CDN kualitas premium. Kabar gembiranya plugin ini bisa anda nikmati secara gratis dengan beragam fitur canggih yang dimilikinya.

d. Install Plugin Imsanity

Anda juga sebaiknya install plugin Imsanity untuk membuat website anda ringan dan memiliki kecepatan akses yang tinggi. Dengan anda menginstall plugin ini maka gambar yang anda upload akan secara otomatis resize sesuai dengan pengaturan yang anda inginkan.

e. Cloudflare

Cloudflare merupakan sebuah platform yang bisa memudahkan anda menaikkan kecepatan juga keamanan website anda. Cludflare memiliki keunggulan basic yang luar biasa bagus yakni:

  • Web semakin cepat diakses
  • IP address berubah
  • Beban server/hosting berkurang
  • Web lebih aman dari serangan

Jika anda sudah menyiapkan semua hal diatas maka tinggal mengeceknya di PageSpeed. Page Speed merupakan platform resmi google yang biasanya digunakan untuk mengetahui kecepatan website berdasarkan standart google. Ada juga sebenarnya platform lainnya misalnya saja seperti GT Metrix.

3. Konten Harus Berkualitas Bagi Pembaca dan Google

Konten yang anda sediakan upayakan memiliki kualitas yang terbaik. Sebuah konten dikatakan berkualitas jika menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk pembaca. Informasi yang disediakan juga lengkap dan untuk mempercantik tampilan juga informasi pendukung sebaiknya disertai dengan gambar.

Sedangkan untuk konten yang berkualitas bagi google harus memenuhi beberapa hal dalam artikel tersebut. Apa saja itu? Di bawah ini ulasannya:

a. Konten Harus Berheading

Google akan menyukai konten yang berheading karena akan memudahkan dalam membacanya. Heading tersebut terdiri dari H1, H2, H3, H4 dan seterusnya. Namun yang banyak digunakan hanya nyampai H4. Untuk yang menggunakan sampai  H5 sangat jarang sekali. Tapi itu sesuaikan dengan kebutuhan konten. Heading ini sering juga disebut dengan sub-sub judul.

b. Terdapat Keyword dalam Heading

Nah agar google lebih mudah dalam membaca konten anda maka dalam heading tersebut sebaiknya ada keywordnya. Tapi bukan berarti semua heading harus ada keywordnya ya. anda bisa letakkan di salah satu heading yang paling relevan. Minimal cukup 1 keyword dan biasanya diletakkan pada heading yang jadi topik konten.

c. Keyword Ada dalam Gambar

Google bisa membaca konten anda dengan mudah jika dalam gambar ada keywordnya. Apa saja yang harus dioptimasi pada gambar ini untuk kebutuhan SEO? Anda bisa optimasi gambar dengan menuliskan keyword pada:

  • Title gambar
  • Alt Teks Gambar
  • Nama File Gambar

d. Jumlah Kata untuk Konten yang berkualitas

Untuk kebutuhan SEO jumlah konten yang biasanya digunakan berkisar antara 500-700. Namun, karena persaingan yang semakin ketat dengan berkembangnya algoritma google sekarang rata-rata panjang konten sudah diatas 1000an untuk kebutuhan SEO.

Hal ini karena ada LSI keyword yang tertanam dalam konten tersebut. Semakin banyak dan relevan LSI keyword yang digunakan maka dengan mudah konten akan terindeks oleh google.

4. Menginstall Plugin Yoast WordPress

Langkah selanjutnya dalam mengoptimasi SEO WordPress adalah dengan menginstall pluin Yoast. Plugin ini sangat berguna bagi anda yang ingin mengoptimasi on page website agar bisa masuk page one google. Jika sudah menginstallnya maka tinggal optimasi di beberapa unsur berikut:

a. MetaTitle dan Meta Description

Unsur yang wajib anda optimasi adalah pada bagian Meta Title dan meta description. Untuk menemukan meta tittle dan meta description ini ada di bagian bawah artikel pada Tab Yoast SEO. Anda bisa klik snippet untuk mengatur kedua unsur tersebut.

b. Density Keyword Cukup 1-2%

Density ini merupakan pengulangan keyword dalam artikel yang anda buat. Ya seperti anda ketahui bahwa dalam membuat sebuah konten SEO harus menyiapkan keyword terlebih dahulu. Ketentuan penyebarannya cukup 1-2% saja.

c. Permalink yang Ideal

Dalam yoast juga tidak terlepas dari permalink. Untuk permalink yang ideal jangan terlalu panjang. Anda bisa dengan menggunakan keyword untuk permalinknya. Contohnya saja dalam artikel ini menggunakan keyword “SEO WordPress” maka nanti permalinknya menjadi https://catatansiamin.com/cara-seo-wordpress

d. Beri Internal Link yang Bagus dan Rapi

Ketika anda membuat sebuah website maka perlu dirancang sebelumnya terkait isi konten. Usahakan dalam membuat internal link ada keterkaitan dengan konten lainnya. Jadi ketika pembaca membuka website anda mereka bisa menemukan beberapa informasi yang super lengkap.

Cara membuat internal link ini sangat mudah karena anda tinggal blok kata atau kalimat yang akan dijadikan internal link. Kemudian klik icon rantai dan ketikkan alamat website yang dituju. Lalu, Enter.

e. Penyebaran Keyword Proporsional

Meskipun dalam konten SEO ini harus menyebarkan keyword tapi perhatikan penempatannya juga. Anda tidak boleh menyebarkan keyword secara sembarangan. Untuk keyword ini sebaiknya ada di paragraf pertama, di heading dan di paragraf terakhir. Dengan begitu google lebih mudah membaca konten anda.

5. Tambahkan Situs ke Google Search Console

Untuk menambahkan situs ke Google Search Console, caranya adalah dengan membuka halaman Google Search Console. Lalu Klik Add A Property setelah itu ada bisa memasukkan URL website atau subdomain website. Klik Continue, kemudian verifikasi situs anda.

Untuk verifikasi situs cara yang paling mudah dengan cara berikut:

  • Pilih Alternate methods, lalu anda bisa memilih HTML tag.

  • Kemudian anda bisa melakukan Verifikasi Google Search Console
  • Setelah muncul sebuah kode maka anda bisa salin dan masukan kode tersebut ke dashboard WordPress.
  • Cara menambahkan kodenya dengan plugin. Caranya adalah dengan membuka Plugins > Add New, kemudian anda bisa mencari Insert Headers and Footers.

Cara SEO WordPress Insert Headers and Footers

  • Lalu, Install dan aktifkan plugin.
  • Jika plugin sudah aktif maka anda bisa membuka plugin melalui Settings > Insert Headers and Footers.

  • Setelah itu anda bisa Pastekan kode yang tadi sudah dicopy ke box yang berlabel Header, kemudian anda bisa klik Save.
  • Terakhir, masuk kembali ke Google Webmaster Tool dan klik Verify.

6. Menambahkan Sitemap ke Google

Menambahkan sitemap ke google sangat penting karena website anda jadi bisa dilacak oleh google. Google juga bisa menganalisa website anda sehingga mudah ditemukan oleh mesin pencari. Cara menambahkannya adalah sebagai berikut:

  • Buka SEO pada dashboard, lalu pilihlah General kemudian klik Features. Kemudian lakukan Scrolling ke bawah, kemudian anda coba aktifkan XML Sitemaps.

  • Jika sudah selanjutnya dengan Klik link See XML sitemap maka nanti sitemap akan terbuka.
  • Jika sitemap sudah terbuka maka anda bisa tambahkan sitemap ke Google. Untuk menambahkan sitemap bisa dengan masuk ke dashboard Google Search Console. Lalu anda bisa klik Sitemaps.

  • Kemudian anda akan menemukan opsi Add a new sitemap. Klik opsi tersebut, jika sudah lalu masukkan URL sitemap dan klik Submit.

Mudah bukan sobat CIA, cara SEO WordPress untuk mengoptimalkan halaman dan konten website di mesin pencari. Jika anda bisa melakukan semua tahapan cara SEO WordPress dengan secara konsisten maka bukan tidak mungkin website anda akan berada di halaman pertama google.

Tags

si-amin

Seringkali kita mengira berbagi hanya membahagiakan orang lain. Nyatanya, kebahagiaan yang dirasakan orang tersebut menular pada si pemberi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close