Jualan Online

10 Langkah Jualan Online di Era 4.0

Saat ini kita berada di era internet. Jualan online dilakukan menggunakan teknologi canggih ini. Teknologi yang memungkinkan semua informasi dan semua data terkirim dengan cepat. Kini tidak perlu lagi, menunggu waktu luang untuk berbelanja. Hanya dengan bantuan telepon pintar semua bisa dilakukan.Bagi kamu yang tertarik ingin jualan online, 10 langkah jualan berikut ini bisa diterapkan lho. Dengan memanfaatkan perkembangan internet yang saat ini semakin canggih.

Bahkan saat ini  internet  menggunakan teknologi 4.0. Sebuah teknologi informasi dalam revolusi industri tahap ke empat. Pada teknologi 4.0 internet  dalam sebuah komputer bisa tersambung kepada berbagai sistem. Baik itu sistem keuangan, sistem stok barang di toko dan lainnya.

Seorang pemilik bisnis, bisa mengontrol berbagai sistem dalam usahanya melalui komputer yang bisa digunakan dari mana saja. Hebatnya lagi, komputer itu hanya sebesar telapak tangan anda. Komputer itu bernama telepon pintar.

Langkah Jualan Online

10 Langkah Jualan Online

Saat ini semua hal bisa anda temukan, melalui handphone. Berbagai hal bisa terjawab dan terlaksana tanpa perlu mendatangi banyak tempat, termasuk urusan berbelanja. Di tengah rutinitas yang menyita waktu, serta kemacetan yang terjadi di mana-mama. Membuat banyak orang malas untuk aktivitas di luar ruangan.

Urusan belanja pun kini mulai berubah. Transaksi sudah jarang dilakukan dengan tatap muka secara langsung. Orang lebih suka berbalanja secara online. Buat anda yang ingin mengembangkan usaha maupun yang baru memulai usaha. Jualan online bisa menjadi pilihan usaha anda.

Dalam menjalankan bisnis online ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan

1. Mental

Berbisnis apapun pasti ada tantangannya, begitu juga dengan bisnis online. Pembeli online yang mudah membandingkan produk yang anda tawarkan dengan produk kompetitor, membuat konsumen anda lebih selektif.

Pelanggan akan banyak bertanya tentang produk anda. Anda juga tidak perlu marah dan kecewa jika sudah banyak bertanya konsumen tidak jadi membeli produk anda. Tetaplah sabar dan yakinlah akan ada pembeli lainnya yang lebih baik lagi. Terapkanlah jam kerja toko online anda, agar aktivitas lainnya tidak terganggu.

2. Rencana Bisnis

Rencana Bisnis

Anda perlu mulai merencanakan langkah- langkah dalam Jualan online anda. Mulai dari mentukan nama toko anda, pilihan produk , Target market, tempat pemasaran produk, bagaimana mendapatkan produk dan perkiraan harga jual produk.

3. Unique selling points (Nilai Jual Produk)

Saat hendak memulai sebuah bisnis baik online maupun offline, poin ini sangat penting untuk anda pikirkan. Apa yang menjadi kelebihan bisnis anda, sehingga orang tidak bisa berpaling. Untuk bisa menjawab pertanyaan ini, anda harus memposisikan diri sebagai pembeli, lalu membayangkan apa yang anda inginkan dari sebuah bisnis seperti anda.

Sebagai contoh Fed ex sebuah perusahaan ekspedisi yang menjamin paket sampai dalam semalam. Hal ini menjadi keunikan tersendiri, ditengah banyaknya perusahaan ekspedisi  lainnya. Harus selalu diingat anda harus mampu memenuhi keunikan yang di sampaikan.

Sebelum memutuskan keunikan perusahaan anda, ada baiknya kenali bisnis anda terlebih dahulu, agar tidak terjebak janji palsu yang membuat konsumen kapok. Ini akan menjadi citra buruk bisnis anda yang bisa menjadi promosi negatif buat usaha anda.

4. Produk Jualan online yang Anda kuasai

Usahakan anda menjual produk yang anda kuasai, sering digunakan atau anda sudah ketahui kelebihan maupun kekurangannya. Tidak menjadi masalah jika anda ingin berjualan produk yang baru dikenal. Anda harus mau meningkatkan pengetahuan tentang produk pilihan anda.  Bisa dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya di internet, atau belajar langsung pada produsen produk yang akan anda jual.

5. Target market

Pembeli online andalah pembeli yang waspada. Konsumen anda akan mencari informasi mengenai toko online anda. Hal ini bisa dipahami karena proses jual beli tidak melalui tatap muka secara langsung.

Anda harus bisa memberikan informasi yang baik mengenai usaha anda. Informasi mengenai brand bisa disebarkan melalui media sosial yang sesuai dengan Target market. Media sosial yang banyak digunakan biasanya Instagram, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya.

Toko online

6. Toko online

Tampilan toko online anda haruslah baik. Desainlah toko anda agar nyaman dan mudah dilihat di berbagai perangkat online. Gunakan gambar produk yang jelas tidak buram. Anda bisa menggunakan beberapa foto untuk satu produk, agar para pembeli mengerti dan memahami produk yang anda tawarkan di Jualan online.

Gunakan kata-kata singkat, jelas dan informatif. Hindari menggunakan kata-kata yang akan membuat pembeli anda bingung.  Sediakan juga proses pembelian yang sederhana dan tidak berbelit.

Anda juga bisa menggunakan market place yang sudah ada. Jika anda membuka toko di market place, toko anda akan secara langsung dipromosikan menggunakan sistem yang sudah disediakan. Pengunjung market place pasti sudah banyak sehingga anda tidak perlu khawatir kekurangannya pengunjung.

7. Supplier

Langkah selanjutnya anda harus mencari supplier yang sesuai dengan Jualan online yang direncanakan. Anda bisa juga menjual produk buatan anda sendiri. Tetapi jika anda baru merintis sebuah brand ada baiknya anda memasarkan juga produk yang sudah dikenal. Sehingga anda bisa menarik minat pengunjung melihat toko online anda.

Dalam memilih supplier anda harus mempertimbangkan harga yang ditawarkan, stok barang yang tersedia, cara pengiriman barang untuk konsumen Anda, komisi yang ditawarkan, cara komplain atau return barang jika ada kerusakan dan yang terpenting komunikasi anda dan Supplier harus lancar.

8. Harga jual

Harga menjadi hal penting yang harus anda putuskan. Jangan sampai harga yang ditawarkan terlalu mahal dibandingkan kompetitor. Jangan pula harga yang anda berikan terlalu murah sehingga membuat bisnis anda rugi.

Dalam menentukan harga jual anda harus mempertimbangkan harga yang diberikan supplier, biaya yang anda keluarkan untuk mendapatkan barang tersebut dan juga harga barang yang sama di pasaran. Dengan demikian produk Anda tidak akan terlalu murah atau pun terlalu mahal.

9. Promosi

Usaha Jualan online sama seperti bisnis lainnya membutuhkan promosi agar dikenal banyak konsumen. Beriklan untuk usaha anda bisa dilakukan dengan banyak cara. Bisa menjadi member premium market place anda bisa mendapatkan fasilitas promosi yang intensif. Bisa memanfaatkan media sosial yang banyak dilakukan pebisnis online lainnya.

Promosi yang terbaik adalah kesaksian atau testimoni konsumen anda. Jadi jangan pernah berikan kesan negatif pada konsumen, selelah dan sekesal apapun anda berikan selalu kesan positif. Tidak harus selalu mengalah tetapi berilah solusi yang terbaik.

10. Evaluasi

Hal ini kadang terlewatkan untuk usaha sekala kecil, padahal proses evaluasi sangat penting untuk menilai kekuatan dan kelemahan usaha anda. Evaluasi bisa anda lakukan setiap tiga bulan atau enam bulan sekali, tergantung keinginan anda.

Kini bisnis online anda sudah bisa di mulai, jangan pernah bosan melayani pertanyaan konsumen. Binalah hubungan baik dengan Supplier dan konsumen anda. Selain itu anda harus meningkatkan kemampuan dibidang marketing online dan teknologi internet.

Anda bisa tertinggal jauh jika tidak meningkatkan kemampuan diri. Dunia internet terus berkembang yang akan berpengaruh pada Jualan online anda. Yang tidak kalah penting adalah lakukan bisnis anda dengan jujur, karena konsumen manapun lebih memilih penjual yang jujur.

10 langkah jualan online di atas bisa kamu terapkan untuk memulai bisnis online. Dengan ketekunan dan ketelitian tentu akan memberikan hasil yang sesuai impian kita. Jadi tunggu apalagi? Langkah jualan online bisa kita mulai sekarang juga.

User Rating: 5 ( 3 votes)

Tags

Zamhari

Zamhari, S.Kom. I Saat ini, penulis sering didaulat menjadi pembicara berbagai instansi, sekolah dan kampus di beberapa bidang seperti jurnalistik online, pengelolaan website, pendidikan dan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close