Jualan Online

Mudah dan Murah! Ibu Rumah Tangga Jualan Online di Facebook

Ibu Rumah Tangga Jualan Online di Facebook!. Pengeluaran yang semakin besar tanpa dibarengi dengan pendapatan yang juga semakin besar membuat sebagian ibu rumah tangga pusing mengelola keuangan keluarga mereka. Hasrat ingin menghidangkan menu sehat bervariasi dan bergizi tinggi terpaksa harus diredam dulu. Jatah uang yang diberi suami harus cukup untuk satu bulan. Hal ini membuat para istri memutar otak bagaimana menemukan menu yang sederhana dan murah, tetapi bergizi cukup untuk keluarga, terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Godaan untuk mencari penghasilan tambahan semakin kuat. Akhirnya banyak para ibu yang mencoba peruntungan dengan jualan online. Rata-rata mereka memilih Facebook untuk menawarkan barang dagangan mereka.

Bisnis Online di Facebook

Jualan Online di Facebook

Facebook sebagai media sosial yang terbesar dan terbanyak digunakan orang lain menjadi pilihan tepat bagi para ibu. Mereka akan dengan mudah menemukan target market atau calon pembeli produk mereka. Pada umumnya yang sering membeli produk yang dijajakan di Facebook adalah orang yang sudah dikenal penjual seperti keluarga sendiri, teman, dan tetangga.

Cara termudah untuk mendapatkan target buyer adalah dengan memperhatikan produk yang kita jual. Jika Anda menjual gamis dewasa kekinian, tentu sasaran calon pembeli kita adalah para muslimah, baik itu gadis ataupun ibu-ibu muda. Nah, tugas Anda tinggal mencari calon teman yang sesuai dengan kriteria produk Anda. Perhatikan profil calon teman Anda. Kalau Anda menemukan foto-foto mereka banyak menggunakan gamis, segera tambahkan mereka menjadi teman Anda. Merekalah target jualan online Anda.

Jangan lupa, jika mereka sudah menerima permintaan pertemanan Anda, segera kirim ucapan terima kasih melalui wall atau bisa lebih intens melalui messanger Facebook. Setelah itu, sering-seringlah memberi reaksi terhadap postingan mereka, baik berupa like atau love. Sesekali tinggalkan komentar Anda pada postingan mereka. Jika Anda rutin melakukan hal di atas, nama Anda akan mendapat tempat di hati mereka secara tidak langsung.

Dengan keramahan Anda, bukan tidak mungkin jika suatu saat mereka sedang membutuhkan produk seperti yang Anda jual, mereka langsung menghubungi Anda. Jangan pernah bosan untuk memposting dagangan Anda agar mereka tahu apa yang Anda jual. Usahakan menjual hanya satu atau dua produk atau brand agar teman-teman Facebook gampang mengingat. Jika butuh gamis kekinian, mereka langsung mengingat nama Anda. Asyik, kan?

Tips Jualan Online di Facebook

Tips Jualan Online di Facebook

Jika sudah mendapat satu pembeli, buatlah database-nya. Catat di buku, handphone, atau laptop Anda. Jika di kemudian hari ia melakukan repeat order, Anda tidak perlu meminta alamat dan nomor gawainya lagi. Anda bisa langsung mengetik ulang alamatnya dan mengatakan apakah dikirim ke alamat ini lagi atau tidak. Ini akan menjadi poin penting di hati pembeli. Dia  akan merasa dihargai dan diperhatikan karena Anda masih menyimpan rapi alamatnya.

Ketika barang sudah dikirim, segera informasikan nomor resi sebelum diminta. Ini juga menjadi nilai plus bagi pembeli. Terkadang banyak pedagang online tidak memperhatikan hal ini. Mereka membiarkan pembeli mengemis nomor resi. Terkadang tidak kunjung diberi sampai barang tiba di tempat. Ketika memutuskan jualan online, Anda harus perhatikan ini karena terkait dengan kepercayaan antara pembeli dan penjual.

Pembeli akan menyediakan ruang khusus di hati untuk para pedagang yang selalu mengirimkan nomor resi tanpa harus terlebih dahulu diminta. Jangan heran, jika pembeli tersebut akan terus-menerus membeli produk Anda.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah isi postingan Anda. Usahakan jangan semua berisi postingan jualan produk Anda. Orang yang baru berteman dengan Anda nantinya merasa bosan dan tidak suka dengan postingan yang itu-itu saja tiap hari. Apalagi jika setiap satu jam sekali Anda memposting produk Anda. Ada juga beberapa pedagang online memposting produk mereka sekaligus, terkadang lebih dari 10 produk yang diunggah di Facebook. Dijamin, orang yang baru berteman dengan Anda tidak akan berpikir ulang untuk memutuskan tidak berteman lagi dengan Anda.

1. Konsisten

Susunlah rencana berapa kali sehari Anda memposting jualan Anda. Cukup sebanyak 3-5 kali postingan jualan. Usahakan postingan konsisten agar konsumen tertarik dengan barang yang Anda jual. Namun, wall Anda jangan hanya diisi dengan produk jualan online saja, tetapi selingi dengan kalimat sapaan seperti salam dan selamat pagi. Bisa juga memposting kalimat motivasi, cerita bermanfaat atau kisah inspiratif yang mengundang banyak interaksi di dalamnya. Dengan begitu, teman-teman yang melihat postingan Anda tidak jenuh dan bisa jadi terinspirasi dan termotivasi dengan postingan-postingan Anda.

Satu yang patut menjadi perhatian para penjual online adalah caption atau kata-kata yang digunakan untuk menawarkan produk Anda. Usahakan bervariasi. Jangan hanya mencantumkan nama produk dan harga saja. Atau dibubuhi dengan kata, “Beli, ya! Jangan lupa order di nomor xxx. Saya tunggu ya!” Jika Anda melakukan hal monoton ini, bukan hanya dagangan Anda yang tidak laku, tetapi teman Anda juga semakin hari akan semakin berkurang.

Jika membuat tulisan untuk menawarkan produk, sebaiknya gunakan kalimat soft selling. Anda tidak menggunakan kata-kata hard selling seperti “Dijual, Beli, Order ya,” dll. Story telling sering dianggap menjadi salah satu metode yang baik dalam jualan online. Teknik bercerita ini paling sering digunakan para ibu rumah tangga yang juga pedagang online.

2. Caption Menarik

Posting foto produk atau kegiatan dengan caption yang menceritakan aktivitas sehari-hari. Dengan kepiawaian  bercerita, kita menyelipkan kata promosi di dalamnya. Para pembaca postingan terkadang tidak menyadari bahwa ternyata mereka digiring untuk membeli produk yang diceritakan dengan menggunakan metode story telling. Siap-siap, jika menggunakan metode ini, Anda akan kebanjiran order. Jika cerita Anda menginspirasi, biasanya teman-teman Facebook Anda tidak

segan untuk mengklik tombol share, membagikan postingan Anda yang terselip iklan di dalamnya. Wah, bisa dibayangkan pangsa pasar produk kita akan semakin luas.

Para ibu rumah tangga sudah bisa membayangkan kan bagaimana harusnya jualan online di Facebook? Silakan ikuti tips-tips di atas. Perlahan saja. Mudah-mudahan menjadi jalan pemasukan yang besar buat para ibu.

Memulai Niat yang Baik

3. Niat yang Baik

Oh iya, satu yang paling penting adalah niat Anda. Pasang baik-baik niat Anda ketika memutuskan untuk berjualan online. Bila perlu, catat dan tempelkan di dekat meja rias Anda atau tempat yang sering Anda lihat. Niatkan untuk membantu suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Mudah-mudahan bernilai sedekah. Yang patut diingat para ibu rumah tangga, jangan sampai terlalu keasyikan jualan online sampai lupa dengan kewajiban utama yaitu mengurus suami dan anak-anak.

Selamat menjemput rezeki via online ya, para ibu rumah tangga! Jika bingung dengan produk apa yang akan dijual, Anda bisa terlebih dahulu menjadi dropshipper atau reseller dari suatu produk yang cukup terkenal saat ini. Misalnya, berbagai produk fashion dan kosmetik. Atau bisa juga pilih produk yang merupakan passion Anda. Aktivitas jualan online akan Anda nikmati walau berbagai masalah terkadang bermunculan untuk mendewasakan sikap dan mental Anda dalam berdagang.

User Rating: 5 ( 3 votes)

Tags

Zamhari

Zamhari, S.Kom. I Saat ini, penulis sering didaulat menjadi pembicara berbagai instansi, sekolah dan kampus di beberapa bidang seperti jurnalistik online, pengelolaan website, pendidikan dan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close