Teknologi

Cara Menghindari Ponsel Meledak

Halo Sobat CIA!!! Kejadian ponsel meledak dan mengakibatkan ada luka pada korbannya, akhir-akhir ini sering terjadi. Lalu, apa yang harus kita lakukakan agar hal ini tidak terjadi dan bisa kita hindari?

Diketahui, ada banyak sekali yang menyebabkan sebuah ponsel bisa meledak. Diantaranya adalah korsleting atau adanya kesalahan saat mengisi baterei ponsel. Hal ini disebabkan karena panas yang cukup tinggi pada bagian dalam ponsel dan menjadikan baterei ponsel panas sekali dan kemudian memicu terjadinya ledakan.

Sebagian besar ponsel meledak bukan berasal dari ponsel itu sendiri. Penyebab utamanya adalah baterai. Penyebab umum baterai meledak adalah saat diisi ulang terlalu lama. Hal inilah yang terjadi dengan Galaxy Note 7 dan beberapa merek ponsel lainnya. Faktor lain pemicunya adalah baterai yang cacat.

Dalam sistem baterai ponsel, ada pemisah yang mencegah dua elektroda saling terhubung. Ketika separator tidak berfungsi dengan baik, kemungkinan kedua elektroda ini akan saling bersentuhan, dan ini akan menyebabkan ledakan.

Hal yang menyebabkan terjadinya ledakan

Baterai ponsel model lithium-ion kita ketahui jarang sekali meledak ataupun membengkak, namun hal itu bisa saja terjadi. Ada 2 penyebab utama:

1. Baterai terkena benturan

Ketika ponsel Anda terjatuh dan terjadi benturan keras bisa menyebabkan baterai tipis yang dipadatkan di antara sel dapat menghasilkan korsleting internal, yang menyebabkan pembengkakan dan berpotensi untuk meledak.

2. Baterai ponsel tidak asli

Baterai ponsel yang asli harganya memang mahal, dan tidak sedikit pengguna ponsel beralih menggunakan baterai ponsel yang harganya lebih murah ketika baterai originalnya telah rusak. Partikel logam yang ada di dalam baterai tidak asli tersebut mungkin tidak cocok dengan ponsel ketika melakukan pengisian daya sehingga bisa menyebabkan korsleting.

Cara Menghindari Ponsel Meledak

Nah, bagaimana cara kita untuk mencegahnya, supaya ponsel tidak meledak? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini caranya.

1. Gunakan ChargerĀ Asli

Gunakanlah Charger yang disediakan oleh vendor resmi ponsel yang Anda miliki. Untuk menghindari baterai cepat rusak. Jangan berani mengambil resiko dengan memakai charger bukan dari vendor resmi yang memiliki kualitas keluaran listriknya belum terjamin bagus. Ingatlah! Tidak semua charger memiliki kualitas yang sama.

2. Isi Daya Dengan Benar

Matikan ponsel ketika sedang di isi, setelah daya ponsel penuh, cabutlah kabel charger. Apabila ponsel kepanasan ketika di isi, maka dapat mengakibatkan korslet yang dapat berujuk pada ledakan.

3. Posisi Ponsel Waktu Mengisi Daya

Letakkan ponsel di tempat yang aman ketika mengisi daya, dan jangan dimainkan ketika sedang mengisi daya.

4. Jangan Main Game

Ketika ponsel terasa panas waktu bermain game, letakkanlah terlebih dahulu untuk mengurangi panasnya. Dan jangan bermain game sambil ponsel di isi daya.

5. Hindari Tekanan Pada Ponsel

Ponsel yang terjatuh dapat mengakibatkan kerusakan sehingga mengakibatkan korslet, apalagi bila kualitas baterainya tidak baik. Ternyata selain karena terjatuh, ponsel yang posisinya tergencet karena diduduki juga dapat mengakibatkan baterai menjadi bocor yang berakibatkan ledakan ponsel.

6. Ganti Baru

Ketika Anda mendengar kabar bahwa ada orang lain yang ponselnya meledak, dan ternyata ponsel yang meledak tersebut adalah ponsel yang satu tipe dengan yang Anda miliki, maka ada baiknya bila langsung mengganti ponsel baru. Keselamatan Anda lebih penting ketimbang uang maupun gadget.

Kesimpulan

Mungkin itu beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai cara menghindari Hp kesayangan Anda meledak. Kalau ada yang mau menambahkan, silahkan post di kolom komentar ya..

Ada 3 Penyebab Ponsel Meledak

User Rating: 5 ( 2 votes)

Tags

si-amin

Seringkali kita mengira berbagi hanya membahagiakan orang lain. Nyatanya, kebahagiaan yang dirasakan orang tersebut menular pada si pemberi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close