Catatan si Amin

Teknik Rahasia Pencarian Google Menggunakan Operator Pencarian Google

Operator pencarian Google merupakan simbol-simbol yang digunakan untuk melakukan pencarian secara lebih spesifik. Misalnya kita ingin mencari dokumen dengan tipe file tertentu, menyaring kata-kata tertentu, mencari informasi yang spesifik dan lain sebagainya.

CIA tidak akan membahas semua operator tersebut, karena cukup banyak juga. Kita akan coba berlatih menggunakan beberapa operator pencarian saja. Ayo kita mulai!

Daftar Operator Pencarian Google untuk Teknik Rahasia Pencarian Google

Berikut ini adalah daftar operator pencarian Google yang banyak sekali digunakan:

  1. Operator Tanda Petik”  “  ), digunakan untuk menampilkan website yang mempunyai frase sama persis seperti yang ada di dalam tanda petik.
  2. Operator site, digunakan untuk mencari informasi spesifik pada website tertentu.
  3. Operator NOT  ), digunakan untuk melakukan pengecualian. Google tidak akan memberikan website yang mempunyai kata yang dikecualikan tersebut.
  4. Operator Chace, digunakan untuk mengetahui tampilan website yang disimpan oleh Google.
  5. Operator Asterisk*  ), digunakan untuk melengkapi kata kunci pencarian.
  6. Operator filetype:digunakan untuk mencari file dengan tipe (ekstensi tertentu).
  7. Operator Hashtag ( # ), digunakan untuk mencari informasi di akun media sosial yang memiliki tagar tertentu.
  8. Operator at@  ), digunakan untuk mencari akun-akun sosial media.
  9. Operator OR|  ), digunakan untuk mengombinasikan pencarian yang diinginkan dari dua kata. Atau mencari sesuatu informasi yang belum yakin dengan namanya.
  10. Operator Related digunakan untuk mencari informasi pembanding dengan mengumpulkan banyak website yang memiliki keterkaitan satu sama lain.
  11. Operator And digunakan untuk mencari informasi menggunakan dua atau lebih kata kunci dan akan menampilkan informasi tentang kata kunci itu saja.

Setelah Anda mengetahui beberapa daftar operator pencarian Google, sekarang waktunya untuk kita praktekkan bagaimana penggunaannya di Google.

1. Menggunakan Operator Tanda Petik (  ”  “  )

Operator ini sering digunakan untuk mencari informasi yang mengandung frase sama persis dengan yang ada di dalam tanda kutip tersebut. Berikut ini cara penggunaanya:

  • Buka browser dan buka halaman google.com. Lakukan pencarian dengan kata kunci “rendang” menggunakan tanda petik dua.
  • Google secara otomatis akan menampilkan informasi dari website yang mempunyai frase sama persis seperti kata kunci yang di ketikkan.

Operator Google: Operator tanda kutip

2. Menggunakan Operator Site

Operator site, digunakan untuk mencari informasi spesifik pada website tertentu. Berikut ini cara pengunaanya:

  • Jika Anda ingin mencari review film di website quora, pada kolom pencarian Google silahkan ketikkan kata kunci (review film terminator site:quora.com). Kemudian tekan Enter.
  • Kemudian Google secara otomatis akan menampilkan informasi dari website quora terkait dengan review dari film terminator.

Operator Google - Operator site

Anda juga bisa mencoba sesuatu yang lain dengan cara ini. Silahkan berkreasi!

3. Menggunakan Operator NOT atau Minus ( – )

Operator ini digunakan untuk melakukan penyaringan atau memfilter kata. Google tidak akan memberikan informasi dari website yang memiliki kata dari yang difilter. Ayo kita praktekkan!

  • Coba Anda lakukan pencarian menggunakan kata kunci (bunga paling tinggi -bank)
  • Google akan menampilkan informasi dari website yang berkaitan dengan tanaman bunga, bukan hasil bunga bank

Operator Pencarian Google - Operator strip

Dengan menggunakan operator NOT atau tanda minus (-) pada awal kata seperti contoh di atas, berarti Google tidak akan mencari halaman website yang berisi kata tersebut dalam hasil pencarian.

4. Menggunakan Operator Chace

Operator Chace digunakan untuk mengetahui tampilan website yang disimpan oleh Google. Operator ini biasanya digunakan untuk mengakses website yang sudah tidak bisa dibuka karena alasan tertentu. Dengan operator ini, Anda bisa melihat halaman terakhir dari website tersebut.

Berikut ini caranya:

  • Ketikkan pada kolom pencarian Google dengan kata kunci ( chace:detik.com )
  • Google secara otomatis akan menampilkan informasi terakhir dari website detik.com yang telah disimpan Google.

Operator Pencarian Google - Operator Chace

5. Menggunakan Operator Asterisk ( * )

Operator Asterisk atau disebut juga wildcard ini digunakan untuk mengisi kata kunci yang sengaja dikosongkan. Bisa kita gunakan dalam mengingat kata yang terlupa. Google akan memberikan hasil pencarian dengan mengikutsertakan kata pengganti operator asterisk. Supaya tidak bingung, yuk kita coba praktekkan!

  • Coba Anda ketikkan ini di kolom pencarian Google ( daftar * terkecil di dunia )
  • Akan muncul hasil pencarian dari Google yang akan menampilkan hasil dari penggantian operator asterisk tersebut dengan kata yang paling cocok.

6. Menggunakan Operator Filetype:

Operator filetype digunakan untuk mencari atau mengunduh file yang memiliki tipe tertentu. Berikut ini cara penggunaanya.

  • Silahkan kettikkan kembali kata kunci ini di kolom pencarian Google ( resep rendang filetype:pdf ). Dengan cara ini, nanti akan tampil resep rendang bertipe .pdf.
  • Selanjutnya akan ditampilkan website yang memiliki file resep rendang dalam bentuk .pdf.
  • Tidak hanya .pdf, filetype lain yang bisa Anda gunakan adalah .ppt, .doc, .docx, .png, .jpeg dan lainnya.

7. Menggunakan Operator Number Sign atau Hashtag atau Tagar (  #  )

Operator number sign digunakan untuk mencari informasi di akun media sosial yang memiliki tagar tertentu. Berikut ini caranya:

  • Pada kolom pencarian Google silahkan ketikkan kata kunci (#flashsale)
  • Selanjutnya akan ditampilkan oleh Google semua akun sosial media yang memiliki tagar seperti itu

8. Menggunakan Operator at (  @  )

Operator at digunakan untuk mencari akun-akun sosial media. Berikut ini cara penggunaannya:

  • Ketikkan kata kunci ini pada kolom pencarian Google ( @catatansiamin )
  • Dengan otomatis Google menampilkan akun sosial media milik Catatan si Amin

9. Menggunakan Operator OR (  I  )

Operator OR digunakan untuk mengombinasikan pencarian yang diinginkan dari dua kata. Berikut ini cara penggunaannya.

  • Pada kolom pencarian Google, coba ketikkan kata kunci berikut ( jobs OR gates ) atau ( jobs | gates )
  • Google akan menampilkan penjelasan masing-masing dari jobs dan gates, tetapi bukan dalam satu pencarian yang sama.
  • Operator ini juga bisa digunakan untuk mencari sesuatu informasi yang belum yakin dengan namanya. Misalnya: intime OR IDNtimes

  • Contoh lainnya adalah ketika kita mencoba melakukan pencarian dengan kata kunci Indonesia OR Malaysia, maka Google akan menampilkan informasi dari situs-situs yang memiliki kata Indonesia atau Malaysia. Informasi akan ditampilkan jika situs-situs tersebut memiliki salah satu dari kata kunci itu atau keduanya. Bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

10. Menggunakan Operator Related

Operator Related digunakan untuk mencari informasi pembanding dengan mengumpulkan banyak website yang memiliki keterkaitan satu sama lain. Berikut ini cara penggunaanya:

  • Pada kolom pencarian Google, ketikkan kata kunci ( related:apple.com )
  • Google akan menampilkan informasi website-website yang berkaitan dengan media apple

11. Menggunakan Operator AND

Operator ini digunakan untuk mencari informasi menggunakan dua atau lebih kata kunci dan akan menampilkan informasi dari situs-situs yang memiliki kata kunci itu saja. Berikut ini cara penggunaannya:

  • Ketikkan pada kolom pencarian Google kata kunci ini (Indonesia AND Malaysia)
  • Google akan memberikan informasi dari situs-situs yang memuat kata Indonesia dan Malaysia. Jadi, yang ditampilkan hanya informasi yang mengandung kedua kata tersebut. Operasi AND menjadi operasi default di Google yang artinya, walaupun kita menggetikkan Indonesia AND Malaysia, itu sama juga artinya dengan Indonesia Malaysia tanpa harus menggunakan AND.

12. Menggunakan Operator AND NOT

Operator ini digunakan untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik dalam pencarian Google. Berikut ini cara penggunaannya:

  • Pada kolom pencarian Google silahkan ketikkan (Sunda AND NOT Selat)
  • Maka Google akan menampilkan informasi dari situs-situs yang berisi tentang Sunda dan tidak akan menampilkan informasi tentang Selat Sunda.

13. Menggunakan Operator Tilde ( ~ )

Operator ini digunakan untuk mencari kata yang sama dengan salah satu kata yang kita cari. Biasa di sebut dengan sinonim (arti yang sama). Berikut ini cara penggunaannya:

  • Pada kolom pencarian Google kettikkan ( facebook ads ~class )

Google akan melakukan pencarian dengan kata kunci facebook ads diikuti dengan sinonim dari kata class. Setelah itu, Google akan menampilkan halaman-halaman website pada hasil pencarian untuk facebook ads classes, facebook ads course, facebook ads training dan lainnya. Karena kata class merupakan sinonim dari kata-kata tersebut.

Kesimpulan

Dari cara-cara yang telah CIA praktekkan di atas, beberapa operator pencarian bisa digunakan secara bersamaan atau saling dikombinasikan. Misalnya saja seperti gambar berikut ini:

Kata kunci ini “daftar * termurah -harga” ini maksudnya, Google tidak akan menampilkan kata harga setelah kata daftar, dan akan menampilkan kata lain.

Itulah sedikit pembahasan tentang “Teknik Rahasia Pencarian Google Menggunakan Operator Pencarian Google” yang bisa CIA bagikan. Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui lebih banyak dari operator ini, Anda bisa membaca dan melihatnya di sini Google Search Operators: The Complete List (42 Advanced Operators).

User Rating: 5 ( 5 votes)

Tags

si-amin

Seringkali kita mengira berbagi hanya membahagiakan orang lain. Nyatanya, kebahagiaan yang dirasakan orang tersebut menular pada si pemberi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close